Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang

Main Author: Hanipa, Ihwati
Format: Thesis PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/593/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/593/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/593/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/593/4/13050009%20HANIPA%20IHWATI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/593/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah dan kurang termotivasinya siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dan motivasi siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay lebih baik daripada hasil belajar dengan penerapan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018,. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak terpilih kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes akhir yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,66 dan instrument yang digunkan untuk motivasi adalah angket. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitian diterima pada taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan analisis angket pada angket awal diperoleh siswa yang sangat termotivasi sebanyak 4 orang siswa, dan sebanyak 20 orang siswa yang termotivasi, sedangkan pada angket akhir semua siswa sangat termotivasi dalam belajar matematika. Hasil analisis tes akhir diketahui hasil kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen maka Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,31 dan ttabel = 1,65. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay lebih baik dari pada pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran konvensional.