Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Renty, Novianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5929/4/RENTY%20NOVIANTI%2013080328%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5929/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5929/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5929/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5929/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman dan minat siswa dalam menulis teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ), serta mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah one Group Pretes-Posstet Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Bayang yang berjumlah 28 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis teks deskripsi. Berdasarkan hasil analisis data terhadap keterampilan menulis teks deskripsi dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang sebelum penggunaan model pembelajaran Learning With A Question (LSQ) ialah 63,69 dengan kualifikasi 55-65% cukup. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang sesudah penggunaan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) memperoleh 79,46 dengan kualifikasi 76-85% baik. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikasi penggunaan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap keterampilan menulis teks deskripsi karena thitung> tabel (6,64 > 1,70). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang sesudah menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) lebih baik daripada sebelum penggunaan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ)