Pengaruh Penggunaan Model Brain Writing terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri I Lengayang
Main Author: | Mutiara, Mutiara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5920/4/14080278%20MUTIARA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5920/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5920/2/BAB%205.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5920/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5920/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahaan sebagai berikut ini. Siswa kesulitan menuangkan ide-ide kedalam bentuk tulisan teks laporan hasil observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa sebelum menggunakan model brain writing dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa sesudah menggunakan model brain writing pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lengayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pra-eksperimen design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Lengayang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri I Lengayangmenggunakanmodel brain writing. Data penelitian ini adalah skor hasil tes menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model brain writing dan sesudah menggunakan model brain writing siswa kelas X SMA Negeri I Lengayang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model brain writing siswa kelas X SMA Negeri I Lengayang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengannilai rata-rata 59,29. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model brain writing siswa kelas X SMA Negeri I Lengayang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LDC) dengan nilai rata-rata 73,81. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwah hipotesis alternatif diterima pada taraf signifikansi 0,05, karenathitung>ttabel (3,15> 1,70). Dengan kata lain penggunaan modelbrain writing berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri I Lengayang.