Pengaruh Penggunaan Model Brain Storming terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP N 33 Padang
Main Author: | Misbah, Juliani Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5917/1/SKRIPSI%20MISBAH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5917/2/ABSTRAK1.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5917/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5917/4/DAFTAR%20PUSTAK1.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5917/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Siswa kurang tertarik mengikuti pelajaran. Siswa kesulitan dalam pemilihan kosa kata yang baik untuk menulis berita. Siswa kurang mampu dalam mengembangkan ide-ide. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa sebelum dan sesudah menggunakan model brain storming dan pengaruh penggunaan model brain storming terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMPN 33 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 33 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 yang berjumlah 35 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis berita sebelum menggunakan model brain storming dan skor keterampilan menulis berita sesudah menggunakan model storming siswa kelas VIII SMPN 33 Padang. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMPN 33 Padang sebelum menggunakan model brain storming memperoleh nilai rata-rata 64,52 berada pada rentangan 56-65% dengan kualifikasi yaitu Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis berita sesudah menggunakan model brain storming siswa kelas VIII SMPN 33 Padang memperoleh nilai rata-rata 82,14 berada pada tingkat penguasaan 76 - 85% dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model brain storming siswa kelas VIII SMP N 33 Padang karena thitung> ttabel (4,63 >1,70). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis berita sesudah menggunakan model brain storming siswa kelas VIII SMPN 33 Padang lebih baik daripada sebelum menggunakan model brain storming