Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII MTsN 6 (model) Padang
Main Author: | Leni, Yulanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5914/4/14080203%20LENI%20YULANDA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5914/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5914/2/BAB%20VI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5914/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5914/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Siswa sulit memahami materi dan Siswa sulit mengembangkan ide dan pikiran menjadi teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media gambar dan pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTsN 6 (model) Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 6 (model) Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII 4 yang berjumlah 39 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan model pembelajaran One Group Pretest-Postest Design berbantuan media gambar siswa kelas VIII MTsN 6 (model) Padang. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTsN 6 (model) Padang sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata 52,82 berada pada tingkat penguasaan 46-55% dengan kualifikasi hampir cukup. Kedua, kemampuan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media gambar siswa kelas VIII MTsN 6 (model) Padang memperoleh nilai rata-rata 75,21 berada pada tingkat penguasaan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC berbantuan media gambar siswa kelas VIII MTsN 6 (model) Padang thitung> ttabel (7,15 > 1,68). Jadi, disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi dengan mengguankan model pembelajaran CIRC berbantuan media gambar siswa kelas VIII MTsN 6 (model) Padang lebih baik daripada sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media gambar