Pengaruh Penggunaan Model Think Pair And Share Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP N 2 Linggo Sari Baganti
Main Author: | Desi, Ratna Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5909/4/14080156%20-%20DESI%20RATNA%20SARI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5909/1/ABSTRAK%20OK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5909/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5909/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5909/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. siswa kesulitan dalam menulis teks prosedur karena kurangnya bahan ajar dalam memahami pembelajaran. Kedua, lemahnya siswa memaparkan ide dan gagasanya dalam menulis teks prosedur. Hal itu dikarenakan lemahnya dalam memahami bacaan. Apabila siswa dapat memahami bacaan tentu mereka dapat mengungkapkan ide dan gagasanya dalam menulis teks prosedur. Ketiga, siswa kesulitan dalam menggunakan ejaan yang benar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretesst- Posstest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Linggo Sari Baganti yang terdaftar tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 110 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas VII.3 yang berjumlah 27 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil kemampuan menulis teks prosedur sesudah menggunakan model Think Pair And Share dan skor hasil kemampuan menulis teks prosedur sesudah menggunakan model Think Pair And Share siswa kelas VII SMP N 2 Linggo Sari Baganti. Berdasarkan hasil analisis data terhadap kemampuan menulis teks prosedur sebelum menggunakan model Think Pair And Share siswa kelas VII SMP N 2 Linggo sari Baganti dan sesudah menggunakan model Think Pair And Share siswa kelas VII SMP N 2 Linggo Sari Baganti. Pertama, tingkat kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP N 2 Linggo Sari Baganti sesudah menggunakan model model Think Pair And Share memperoleh nilai ratarata 60,49 berada pada tingkat penguasaan 56-65% dengan kualifikasi lebih dari cukup (Ldc). Kedua, tingkat kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP N 2 Linggo Sari Baganti sesudah menggunakan model model Think Pair And Share memperoleh nilai rata-rata 80,78 berada pada tingkat penguasaan 76- 85% dengan kualifikasi baik. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model model Think Pair And Share siswa kelas VII SMP N 2 Linggo Sari Baganti karena thitung ≥ ttabel (4,39 ≥ 1,71)