Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bayang

Main Author: Tari, Novita Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5906/2/14080141-TARI%20NOVITA%20PUTRI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5906/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5906/3/PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5906/4/DAFTAR%20PUSTAK1.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5906/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat permasalahan, sebagai berikut. Pertama, kendala yang dialami oleh siswa adalah siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis teks negosiasi. Kedua, siswa masih sulit menentukan tema atau judul yang ingin mereka angkat dan mengembangkannya menjadi teks negosiasi. Ketiga, siswa masih sulit menuangkan ide-idenya dalam menulis teks negosiasi. Keempat, siswa masih mengalami kesulitan dalam memilih dan menyusun kata-kata ataupun gagasan-gagasan yang digunakan dalam menulis teks negosiasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Bayang. Jenis penelitan ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan jenis rancangan The Randomized Posttest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Bayang yang terdaftar pada tahun 2017/2018 yang terdiri dari 9 kelas dan jumlah 301 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik simple random sampling dan yang menjadi sampel adalah kelas X IIS 2 yang berjumlah 31 siswa dan X IIS 4 yang berjumlah 31 siswa. Instrumen yang dilakukan adalah tes unjuk kerja menulis teks negosiasi tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Bayang tanpa menggunakan model pembelajaran concept sentence barbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata 73,98 yaitu berada pada tingkat penguasaan 66-75% dengan kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Bayang dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence barbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata 84,95 yaitu berada pada tingkat penguasaan 76-85% yaitu dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Bayang Karena thitung > ttabel (4,91 > 1,67) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima.