Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan
Main Author: | Lisa, Yulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5905/4/14080129-lisa%20yulia-skripsi.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5905/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5905/2/bab%20v%20penutup.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5905/3/daftar%20pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5905/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal sebagai berikut. Pertama, rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi. Kedua, siswa kesulitan dalam menyusun kata dan kalimat dalam menulis teks laporan hasil observasi. Ketiga, guru hanya menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab tanpa ada variasi lain dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi tanpa menggunakan model Snowball Throwing siswa kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model Snowball Throwing siswa kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan, dan mendeskripsikan pengaruh model Snowball Throwing terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 215 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simpel random sampling, sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol sebanyak 36 orang dan kelas eksperimen sebanyak 35 orang. Variabel penelitian ini adalah model Snowball Throwing sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata kemampuan menceritakan kembali isi fabel tanpa menggunakan model Snowball Throwing siswa kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan adalah 66,89 dengan kualifikasi hampir (C). Kedua, nilai rata-rata kemampuan menceritakan kembali isi fabel dengan menggunakan model Snowball Throwing siswa kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan adalah 75,95 dengan kualifikasi cukup (C). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Snowball Throwing terhadap terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan dengan thitung > ttabel (5,03>1,67)