Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMAN 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Sastika, Randra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/589/2/13080253%20SASTIKA%20RANDRA%20ok%20Flipping.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/589/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/589/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/589/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/589/
Daftar Isi:
  • Penelitian dilatarbelakangi sebagai berikut. Masalah yang ditemui adalah Pertama, kurangnya kosakata siswa dalam menulis cerpen. Kedua, kurangnya daya kreatif dan imajinatif siswa dalam merangkai unsur-unsur instrinsik cerpen karena siswa masih sulit mengekspresikan jalan pikiranya kedalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman sebelum menggunakan model Project Based Learning berbantuan media gambar. Kedua, kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA N 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman sesudah menggunakan model Project Based Learning berbantuan media gambar. Ketiga, pengaruh penggunaan model Project Based Learning berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariman. Jenis penelitian adalah kuantitatif metode eksperimen dengan jenis rancangannya One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMAN 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman yang tedaftar tahun ajaran 2017/2018 jumlah siswa 189 orang yang tersebar 7 kelas X6. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa X6 yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan beberapa hal. Pertama, kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman sebelum menggunakan model Project Based Learning berbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata 55,92 dengan kualifikasi cukup (C) rentangan 56-65%. Kedua, kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman sesudah menggunakan model Project Based Learning berbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata 70,74 dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC) pada rentangan 66-75%. Ketiga, berdasarkan uji-t siswa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Project Based Learning berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA N 1 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman, karena thitung (3,70) > ttabel (1,70), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.