Pengaruh Prestasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Kelompok Teman Sebaya dan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar

Main Author: Anisa Zata, Yumni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5889/4/14090042-ANISA%20ZATA%20YUMNI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5889/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5889/2/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5889/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5889/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, pengaruh prestasi belajar, lingkungan keluarga, kelompok teman sebaya dan persepsi mahasiswa tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar Angkatan 2014 . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2018. Populasi penelitian ini mahasiswa program studi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Sumbar yang terdaftar pada angkatan tahun 2014. Sampel dalam penelitian penelitian sebanyak 106 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan SpSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Prestasi belajar tidak terdapat pengaruh terhadap minat menjadi guru dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,071 dan nilai thitung sebesar 0,055< ttabel sebesar 1,983, berarti H0 diterima dan Ha ditolak. (2) Lingkungan belajar terdapat pengaruh terhadap minat menjadi guru dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,543 dan nilai thitung sebesar 8,869> ttabel sebesar 1,983, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Kelompok teman sebaya terdapat pengaruh terhadap minat menjadi guru dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,131 dan nilai thitung sebesar 2,430> ttabel sebesar 1,983, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. (4) Persepsi mahasiswa tentang profesi guru terdapat pengaruh terhadap minat menjadi guru dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,276 dan nilai thitung sebesar 3,955> ttabel sebesar 1,983, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. (5) Nilai Fhitung 39,965> Ftabel 2,69 dan nilai signifikan 0,000< 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat dikatakan bahwa presatsi belajar, lingkungan keluarga, kelompok teman sebaya dan persepsi mahasiswa tentang profesi guru berpengaruh terhadap minat menjadi guru.