Pengaruh Cara Belajar, Minat Belajar, Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Indah Permata, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5883/4/14090039%20INDAH%20PERMATA%20SARI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5883/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5883/3/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5883/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5883/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh cara belajar secara parsial terhadap hasil belajar siswa, 2) pengaruh minat belajar secara parsial terhadap hasil belajar siswa, 3) pengaruh lingkungan sekolah secara parsial terhadap hasil belajar siswa, 4) pengaruh motivasi belajar secara parsial terhadap hasil belajar siswa, 5) pengaruh cara belajar, minat belajar, lingkungan sekolah, motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 2 bayang Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 97 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Analisis yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dengan menggunakan analisis jalur (Path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung cara belajar terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien jalur 0,407, (2) terdapat pengaruh tidak langsung cara belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai koefisien 0,059 dengan total pengaruh langsung dan tidak langsung 0,457. (3) terdapat pengaruh langsung minat belajar terhadap hasil belajar dengan koefisien 0,135 (4) terdapat pengaruh tidak langsung minat belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar 0,017 dengan total 0,152. (5) terdapat pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap hasil belajar 0,195 (6) terdapat pengaruh tidak langsung lingkungan sekolah terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar 0,013 dengan total 0,208. (7) terdapat pengaruh langsung motivasi terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien jalur 0,366. Kesimpulan terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung antara variabel cara belajar, minat belajar, lingkungan sekolah terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien jalur 2,07.