Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Modul Pada Pembelajaran Teks anekdot Siswa Kelas X SMAN 3 Padang
Main Author: | Lydea, Sufapmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5882/4/14080180%20LYDEA%20SUFAPMI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5882/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5882/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5882/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5882/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini. Pertama, minat siswa dalam menulis masih kurang. Kedua, siswa kesulitan dalam mengembangkan ide atau gagasan dalam menulis teks anekdot. Ketiga, siswa masih kurang memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks anekdot. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ada tidaknya penerapan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) berbantuan modul pada pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X SMAN 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen true eksperimental design. Rancangan penelitian ini adalah Posttest- Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Padang yang berjumlah 351 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 7 (kelas kontrol) yang berjumlah 35 orang dan kelas X MIPA 5 (kelas eksperimen) yang berjumlah 35 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks anekdot tanpa dan dengan menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) berbantuan modul. Instrumen penelitian ini diperoleh melalui tes unjuk kerja siswa kelas X SMAN 3 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMAN 3 Padang tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) berbantuan modul memperoleh nilai rata-rata 66,51 berada pada tingkat penguasaan 66–75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). (b), keterampilan menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams- Achievement Division (STAD) berbantuan modul siswa kelas X SMAN 3 Padang memperoleh nilai rata-rata 81,27 berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi Baik (B). (c), terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) berbantuan modul siswa kelas X SMAN 3 Padang karena thitung> tabel (8,13>1,67). Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks anekdot lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams- Achievement Division (STAD) berbantuan modul