Pengaruh Penggunaan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP N 7 Pariaman
Main Author: | Radha, Juwita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5871/4/skripsi%20Radha%20Juwita.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5871/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5871/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5871/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5871/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan, sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks ulasan siswa masih tergolong rendah. Kedua, dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas siswa kurang aktif. Ketiga, siswa kesulitan memahami struktur teks ulasan dan menyusun kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks ulasan sebelum dan sesudah menggunakan model AIR, serta pengaruh penggunaan model AIR terhadap keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP N 7 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP N 7 Pariaman, dan sampel penelitian ini adalah kelas VIII 2 yang berjumlah 30 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas adalah model pembelajaran AIR dan variabel terikat adalah keterampilan menulis teks ulasan. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP N 7 Pariaman sebelum dan sesudah menggunakan model AIR. Berdasarkan hasil analisis data terhadap keterampilan menulis teks ulasan sebelum dan sesudah menggunakan model AIR dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP N 7 Pariaman sebelum menggunakan model AIR memperoleh nilai rata-rata 55,40 dengan kualifikasi hampir cukup (HC) dengan tingkat penguasaan 56-65%. Kedua, keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP N 7 Pariaman sesudah menggunakan model AIR memperoleh nilai rata-rata 73,01 dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan tingkat penguasaan 66-75%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model AIR terhadap keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP N 7 Pariaman karena thitung >ttabel (7,21 >1,70)