Pengaruh Minat Belajar, Komitmen Pada Tugas, Kepercayaan Diri, Teman Sebaya dan Iklim Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTsN 7 Pesisir Selatan
Main Author: | Evi, Lonawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5869/4/14090019%20-%20EVI%20LONAWATI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5869/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5869/2/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5869/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5869/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTsN 7 Pesisir Selatan, 2) pengaruh komitmen pada tugas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTsN 7 Pesisir Selatan, 3) pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTsN 7 Pesisir Selatan, 4) pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTsN 7 Pesisir Selatan, 5) pengaruh iklim kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTsN 7 Pesisir Selatan dan 6) pengaruh minat belajar, komitmen pada tugas, kepercayaan diri, teman sebaya dan iklim kelas secara bersama- mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTsN 7 Pesisir Selatan. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII MTsN 7 Pesisir Selatan yang berjumlah sebanyak 181 orang siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 88 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Propotional Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dapat ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,277. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,484 > ttabel sebesar 1,66342. (2) komitmen pada tugas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dapat ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,169. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,350 > ttabel 1,66342. (3) kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dapat ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,162. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 2,570 > ttabel sebesar 1,66342. (4) teman sebaya terhadap prestasi belajar. Dapat ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,448. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 6,344 > ttabel sebesar 1,66342. (5) iklim kelas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dapat ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,363. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 3,693 > ttabel sebesar 1,66342. (6) minat belajar, komitmen pada tugas, kepercayaan diri, teman sebaya dan iklim kelas secara bersama- mempengaruhi prestasi belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 54,377 > Ftabel 2,33 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R2sebesar 0,768 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat belajar, komitmen pada tugas, kepercayaan diri, teman sebaya dan iklim kelas mampu memberikan variasi kontribusi untuk mempengaruhi prestasi belajar sebesar 0,768 atau 76,8%. Sedangkan sisanya 23,2% lagi dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan pada model penelitian ini