Pengaruh Motivasi Belajar Siswa, Sikap Belajar Siswa, Teman Sebaya, Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Fisik Sekolah Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Padang Gelugur

Main Author: Nursaima, Nursaima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5866/4/14090014%20-%20NURSAIMA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5866/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5866/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5866/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5866/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin belajar 2) pengaruh sikap belajar siswa trhadap disiplin belajar 3) pengaruh teman sebaya terhadap disiplin belajar 4) pengaruh pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar 5) pengaruh lingkungan fisik sekolah terhadap disiplin belajar 6)pengaruh motivasi belajar, sikap belajar siswa, teman sebaya, pola asuh orang tua dan lingkungan fisik sekolah secara bersama- mempengaruhi disiplin belajar.WaktupenelitianinidilakukanpadabulanJuni 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruhkelas XI IPS yang terdapat di SMA N 1 Padang Gelugur sebanyak 172 orang siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 86 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Proportional Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakanadalahteknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa, dapat ditunjukan oleh nilai koefesien sebesar 0,120,nilai koefesien ini signifikan karena nilai thitung 2,610 > ttabel 1,66412. (2)sikap belajar berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa, dapat ditunjukan oleh nilai koefesien sebesar 0,364, nilai koefesien ini signifikan karena nilai thitung 2, 451 > ttabel 1,66412.(3) teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa,dapat ditunjukan olehnilai koefesien sebesar 0,124, nilai koefesien ini signifikan karena nilai thitung 2,545 > ttabel 1,66412. (4)pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa,dapat ditunjukan oleh nilai koefesien sebesar 0,167, nilai koefesien ini signifikan karena nilai thitung 2,840 > ttabel 1,66412.(5) lingkungan fisik sekolah berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa, dapat ditunjukan oleh nilai koefesien sebesar 0,259, nilai koefesien ini signifikan karena nilai thitung 2,715 > ttabel 1,66412.(6) motivasi belajar, sikap belajar siswa, teman sebaya, pola asuh orang tua dan lingkungan fisik sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 54,082> Ftabel 2,33. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa harus meningngkatkan motivasi belajar, sikap belajar siswa, tteman sebaya, polah asuh orang tua dan lingkungan fisik sekolahsiswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA N I Padang Gelugur.