Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roudtable Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang

Main Author: Roza, Nofiani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5863/4/14080089%20ROZA%20NOFIANI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5863/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5863/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5863/3/KEPUSTAKAAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5863/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan. Pertama, siswa belum memahami dengan benar cerita fantasi mencakup struktur dan kaidah kebahasan cerita fantasi. Kedua, siswa sulit mengembangkan ide dan gagasan kreatif dalam menulis cerita fantas. Ketiga, pembendaharan kosa kata yang dimiliki oleh siswa masih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerita fantasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable berbantuan media gambar berseri siswa kelas VII SMP N 7 Padang, dan mendeskripsikan pengaruh menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP N 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen pre-experimental design dan rancangan penelitian yang digunakan adalah one grup pretest and posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 251 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 yang berjumlah 32 siswa. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe roundtable sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis cerita fantasi sebagai variabel terikat (Y). Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis cerita fantasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable berbantuan media gambar berseri siswa kelas VII SMP N 7 Padang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan menulis cerita fantasi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable berbantuan media gambar berseri siswa kelas VII SMP N 7 Padang adalah 65,50 berada pada rentang 56%-65% pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis cerita fantasi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable berbantuan media gambar berseri siswa kelas VII SMP N 7 Padang adalah 80,34 berada pada rentang 76%-85% kualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable berbantuan media gambar berseri siswa kelas VII SMP N 7 Padang dengan thitung > ttabel (8,71> 1,70) dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima