Lingkungan Keluarga, Gaya Belajar, Fasilitas Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP N 9 Padang

Main Author: Belia Echa, Grachia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5860/4/13090229%20BELIA%20ECHA%20GRACHIA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5860/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5860/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5860/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5860/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, gaya belajar ,fasilitas belajar dan disiplin belajar secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelasVIII SMPN9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 215 orang.Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak140 orang siswa.Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga,gaya belajar, fasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMPN 9 Padang digunakan analisa uji t dan uji F. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) Lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 9 Padang, hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,680 nilai ini signifikan dengan nilai thitung (11,170) >ttabel (1,97769),(2) Gaya belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 9 Padang karena nilai koefisien regresi sebesar 0,255 nilai ini signifikan dengan nilai thitung (6,724) >ttabel (1,97769), (3) Fasilitas belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPSTerpadu siswa kelas VIII SMPN9 Padang karena nilai koefisien regresi sebesar0,303 nilaiini signifikan dengan nilai thitung (4,896) >ttabel (1,97769),(4) Disiplin belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 9 Padang karena nilai koefisien regresi sebesar0,348 nilai ini signifikan dengan nilai thitung(4,300) >ttabel (1,97769). (5) Lingkungan keluarga, gaya belajar, fasilitas belajar dan disiplin belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelasVIII SMPN9 Padang karena Fhitung(145,024)>dariFtabel(2,44).Besarnya sumbangan variabel lingkungan keluarga, gaya belajar, fasilitas belajardan disiplin belajar secara simultan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadusiswa kelasVIII SMPN9 Padang yaitu 81,1% dan sisanya 18,9% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Disarankan kepada siswa untuk dapa tmeningkatkan hasil belajarnya dengan cara dispilin waktu dan menguasai bahan pelajaran serta disarankan untuk orang tua agar menciptakan kebersamaan yang harmonis dirumah agar anak tidak merasa diabaikan dan menjadi semangat dalam belajar.Selain itu pihak sekolah ditutut untuk menfasilitasi seluruh siswa disekolah agar siswa semakin giat lagi.