Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Brainstorming Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya
Main Author: | Yuliatin, Yuliatin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5855/4/14080081%20YULIATIN%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5855/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5855/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5855/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5855/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan, sebagai berikut. Pertama, siswa kurang terampil dalam menulis teks deskripsi. Kedua, siswa mengalami kesulitan dalam menentukan objek, memahami struktur teks deskripsi, kurangnya penguasaan kosakata, hingga kesulitan menyusun kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran brainstorming serta pengaruh penggunaan model pembelajaran brainstorming terhada keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan jenis pre experiment. Rancangan penelitian ini adalah the one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya yang berjumlah 228 orang dan sampel penelitian adalah kelas VII F yang berjumlah 28 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Variabel penelitian ada dua, yaitu variabel bebas adalah model pembelajaran brainstorming dan variabel terikat adalah keterampilan menulis teks deskripsi. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran brainstorming. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan tiga hal, sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya sebelum menggunakan model pembelajaran brainstorming memperoleh nilai rata-rata 63,33 pada tingkat penguasaan 56-65% yang berkualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya sesudah menggunakan model pembelajaran brainstorming memperoleh nilai rata-rata 82,62 pada tingkat penguasaan 76-85% yang berkualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran brainstorming terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya, karena thitung > ttabel (7,56 > 1,70)