Perbedan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Teknik Konstruktivisme dengan Teknik Inquiry Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Nika, Gusnita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5853/4/14080076%20NIKA%20GUSNITA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5853/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5853/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5853/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5853/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Siswa tidak membawa buku teks, siswa sering ribut dikelas, siswa masih sulit dalam menentukan kosa kata yang tepat dalam menulis, hanya sebagian siswa yang berminat menulis teks eksposisi.Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan teknik konstruktivisme, kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan teknik inquiry, perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan teknik konstruktivisme dengan teknik inquiry. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II sebanyak 60 orang. Data penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan teknik konstruktivisme dengan teknik inquiry. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Kemampua menulis teks eksposisi siswa menggunakan teknik konstruktivisme nilai rata-rata sebesar 82.22 pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik (B). Kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan teknik inquiry memperoleh nilai rata-rata sebesar 79,63 pada rentangan 76-85% berkualifikasi sangat baik (B). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan teknik konstruktivisme dengan teknik inquiry. Jadi, dapat disimpulkan bahwa teknik konstruktivisme dan teknik inquiry terhadap menulis teks eksposisi tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan uji t_hitung>t_tabel=098>1,67