Perbandingan Penggunaan Metode Konstruktivisme dengan Metode Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Shocy, Intan Ashanty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5850/2/14080075%20%28SHOCY%20INTAN%20ASHANTY.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5850/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5850/3/BAB%205.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5850/4/DADTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5850/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis, khususnya menulis teks puisi. Untuk melatih siswa agar terampil menulis digunakan Metode Konstruktivisme dengan metode Discovery Learning dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbandingan penggunaan metode Konstruktivisme dengan metode Discovery Learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 4 VII Koto Sungai Sariak sebanyak 106 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII3 dan VIII4. Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Koto Sungai Sariak. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, nilai ratarata keterampilan menulis puisi siswa dengan metode, Konstruktivisme, nilai ratarata adalah 76,44 dengan kualifikasi baik pada rentang 76–85%. Kedua, nilai ratarata keterampilan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 VII Koto Sungai Sariak dengan metode Discovery Learning dengan nilai rata-rata adalah 80,55 dengan kualifikasi baik pada rentang 76–85%. Ketiga, tidak terdapat perbandingan yang signifikan antara keterampilan menulis puisi menggunakan metode Konstruktivisme dengan keterampilan menulis puisi menggunakan metode Discovery Learning terhadap keterampilan menulis puisi karena thitung = (1,067) < t tabel (1,677), sehingga H0 di terima dan H1 ditolak