Pengaruh Perhatian Orang Tua, Ketersedian Prasarana Sekolah,Media Pembelajaran, Keterampilan Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Sri, Wahyuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5846/4/13090172%20-%20SRI%20WAHYUNI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5846/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5846/2/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5846/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5846/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perhatian orang tua, ketersedian prasarana sekolah, media pembelajaran, keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar secara parsial dan bersama-sama pada minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Pancung Soal Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 243 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik secara stratified porpotional random sampling dengan jumlah sampel juga sebanyak 134 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Pengujian hipotesisi penelitian menggunakan analisis uji t parsial dan uji F simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap minat belajar, untuk kelompok sampel kategori tingkat pendidikan orang tua terendah ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X1) sebesar 0,178 dengan nilai thitung sebesar (5,324) > ttabel (1.97783), dengan nilai signifikan 0,000< 0,05, sedangkan kelompok sampel kategori tingkat pendidikan orang tua tertinggi ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X1) sebesar 0,172 dengan nilai thitung sebesar (3,513) > ttabel (1.97783), dengan nilai signifikan 0,001< 0,05. (2) ketersedian prasarana sekolah berpengaruh signifikan terhadap minat belajar, untuk kelompok sampel kategori tingkat pendidikan orang tua terendah ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X2) sebesar -0,249 dengan nilai thitung sebesar (-8,606) > ttabel (1.97783), dengan nilai signifikan 0,000< 0,05, sedangkan kelompok sampel kategori tingkat pendidikan orang tua tertinggi ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X2) sebesar -0,126 dengan nilai thitung sebesar (-2,520) > ttabel (1.97783), dengan nilai signifikan 0,015<0,05. (3) media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap minat belajar, untuk kelompok sampel kategori tingkat pendidikan orang tua terendah ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X3) sebesar 0,285 dengan nilai thitung sebesar (5,394)>ttabel (1.97783), dengan nilai signifikan 0,000< 0,05, sedangkan kelompok sampel kategori tingkat pendidikan orang tua tertinggi ditunjukkan oleh nilai koefisienregresi (X3) sebesar 0,418 dengan nilai thitung sebesar (6,081) > ttabel (1.97783), dengan nilai signifikan 0,000< 0,05. (4) Keterampilan mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap minat belajar, untuk kelompok sampel kategori tingkat pendidikan orang tua terendah ditunjukkan oleh nilai koefisienregresi (X4) sebesar 0,385 dengan nilai thitung sebesar (8,878))> ttabel (1.97783), dengan nilai signifikan 0,000< 0,05, sedangkan kelompok sampel kategori tingkat pendidikan orang tua tertinggi ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X4) sebesar 0,446 dengan nilai thitung sebesar (9,511)> ttabel (1.97783), dengan nilai signifikan 0,000< 0,05. (5) Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap minat belajar, untuk kelompok sampel kategori tingkat pendidikan orang tua terendah ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X5) sebesar 0,476 dengan nilai thitung sebesar (9,269) > ttabel (1.97783), dengan nilai signifikan 0,000< 0,05, sedangkan kelompok sampel kategori tingkat pendidikan orang tua tertinggi ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X5) sebesar 0,447 dengan nilai thitung sebesar (6,372) > ttabel (1.97783), dengan nilai signifikan 0,000< 0,05. (6) Perhatian orang tua, ketersedian prasarana sekolah, media pembelajaran, keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat belajar pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal. Dimana kelompok sampel kategori tingkat pendidikan orang tua terendah lebih tinggi dibandingkan dari pada kelompok sampel kategori tingkat pendidikan orang tua tertinggi yang di tunjukkan oleh nilai Fhitung masing- masing (55,484) > dari Ftabel (2,28) dan (44,463) > Ftabel (2,280), Sig (0,000) < α (0,05).