Pengaruh Internet, Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP N 16 Sijunjung

Main Author: Rizka, Amalia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5824/4/11090137%20-%20RIZKA%20AMALIA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5824/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5824/2/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5824/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5824/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh internet, perhatian orangtua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII SMP N 16 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 16 Sijunjung yang berjumlah 73 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling dengan jumlah sampel sebanyak populasi yaitu 73 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Untuk mengetahui pengaruh internet, perhatian orangtua dan minat belajar siswa secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP N 16 Padang digunakan analisa uji t dan uji F. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) internet secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP N 16 Sijunjung dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,271 nilai ini signifikan karena thitung sebesar (2,040) > ttabel (1,66724); (2) perhatian orangtua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP N 16 Sijunjung dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,174 nilai ini signifikan karena thitung sebesar (2,463) > ttabel (1,66724); (3) minat belajar siswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP N 16 Sijunjung dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,086 nilai ini signifikan karena thitung sebesar (2,038) > ttabel (1,66724); (4) internet, perhatian orangtua dan minat belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP N 16 Sijunjung karena Fhitung (31,486) > dari Ftabel (3,12). Besarnya sumbangan variabel internet, perhatian orangtua dan minat belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP N 16 Sijunjung yaitu 67,4% dan sisanya 32,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Disarankan kepada siswa untuk dapat mengatur waktu dengan benar dalam pemanfaatan internet guna mengakses materi pelajaran disekolah dan juga disarankepada orangtua untuk terus mengontrol anak belajar dirumah dan mengawasi anak dirumah agar semakin giat belajar dan juga disarankan kepada anak untuk terus berpikir maju meraih nilai dan prestasi tertinggi disekolah.