Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Dongeng Siswa Kelas VII SMP N 30 Padang

Main Author: Kurnia, Helza Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5816/4/%2813080138%29%20KURNIA%20HELZA%20PUTRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5816/1/ABSTRAK%20NIA%201.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5816/2/BAB%20V%20KURNIA%206.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5816/3/daftar%20putaka%207.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5816/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan ide untuk menulis dongeng. Kedua, kurangnya penguasaan kosakata siswa. Ketiga, siswa masih kesulitan dalam membedakan tema, judul, gaya bahasa, alur cerita, watak dalam dongeng. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Think Pair Share (TPS) berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis dongeng siswa kelas VII SMP N 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah The Randomized Posttest Only Control Group. Sampel penelitian ini adalah sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII.1 dan VII. 4 SMP N 30 Padang yang berjumlah 56 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis teks dongeng sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media audio visual siswa kelas VII SMP N 30 Padang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks dongeng siswa kelas VII SMP N 30 Padang sebelum penggunaan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) memperoleh nilai rata-rata 80,65 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi Baik (B). Kedua, keterampilan menulis dongeng siswa kelas VII SMP N 30 Padang sesudah penggunaan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media audio visual memperoleh nilai rata-rata 88,09 berada pada rentangan 86%-96% dengan kualifikasi Baik Sekali (BS). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan menulis dongeng karena thitung> tabel (2,59>1,70). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 30 Padang sesudah menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada sebelum penggunaan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS)