Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Syafni, Delfi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5814/1/13080118%20SYAFNI%20DELFI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5814/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5814/4/BAB%20V%20penutup.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5814/5/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5814/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, siswa kurang menyukai pembelajaran menulis. Kedua, siswa lebih menyukai pembelajaran mengarang daripada menulis puisi. Ketiga, siswa belum terampil menulis puisi. Keempat, siswa masih sulit dalam menentukan pilihan kata dan tema dalam puisi. Kelima, model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan tanpa menggunakan model pembelajaran probing prompting, mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting, dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran probing prompting terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Randomized Posttest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol X2 dan kelas eksperimen X4. Dengan pengambilan sampel secara simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu variabel bebas model pembelajaran Probing Prompting dan variabel terikat keterampilan menulis puisi. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil kerja siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting. Hasil tes menulis puisi siswa dianalisis dan melakukan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan tanpa menggunakan model pembelajaran probing prompting memperoleh nilai rata-rata 59,44 berada pada rentangan 56-65% dengan kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting memperoleh nilai rata-rata 75,62 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, penggunaan model pembelajaran probing prompting berpengaruh dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji-t yang disimpulkan bahwa hipotesis alternative (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dengan dk=n1+n2 karena thitung (5,34) > ttabel (1,67)