Kemampuan Menulis Teks Pidato Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Solok Selatan
Main Author: | Pera, Gus Amriati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5810/4/PERA%20GUS%20AMRIATI%2012080061%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5810/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5810/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5810/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5810/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan model pembelajaan kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dalam proses pembelajaran menulis teks pidato. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA N 2 Solok Selatan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini siswa yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 130 orang yang tersebar dalam 4 kelas. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 31 orang. Variabel bebas penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks pidato sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis teks pidato siswa kelas X SMA N 2 Solok Selatan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Nilai rata-rata keterampilan menulis teks pidato siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) adalah 66.30 dengan kualifikasi lebih dari cukup pada rentang 66 – 75% dengan nilai perindikator sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks pidato menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) siswa untuk indikator 1 (Pendahuluan) dengan nilai rata-rata 74,19 dengan kualifikasi Lebih dari cukup (LdC) yang berada pada rentang 66 – 75%. Kedua, kemampuan menulis teks pidato menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) siswa untuk indikator 2 (Isi Pidato) dengan nilai rata-rata 76,34 dengan kualifikasi Baik (B) yang berada pada rentang 76 – 85%. Ketiga, kemampuan menulis teks pidato menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) siswa untuk indikator 3 (Penutup) dengan nilai rata-rata 48,38 dengan kualifikasi Hampir Cukup (HC) yang berada pada rentang 46 – 55%.