Peran Guru BK dalam Pelaksanaan Layanan Informasi untuk Membantu Peserta Didik Meningkatkan Minat Belajar di Kelas IX SMP Negeri 28 Padang
Main Author: | Aulia, Aseli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5802/4/14060209%20AULIA%20ASELI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5802/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5802/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5802/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5802/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang memiliki permasalahan terkait minat belajar, seperti adanya peserta didik yang terlambat datang sekolah, keluar saat proses belajar mengajar berlangsung, tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, malas dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Peran guru BK dalam pelaksanaan layanan informasi membantu peserta didik meningkatkan minat belajar melalui materi layanan. 2) Peran guru BK dalam pelaksanaan layanan informasi membantu peserta didik meningkatkan minat belajar melalui evaluasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 289 peserta didik, teknik pengambilan sampel yang dipilih dengan porposive simple random sampling sebanyak 72 peserta didik. Instrumen yang digunakan angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik interval. Berdasarkan hasil penelitian tentang peran guru BK dalam pelaksanaan layanan informasi untuk membantu peserta didik meningkatkan minat belajar berada pada kriteria cukup berperan. 1) Peran guru BK dalam pelaksanaan layanan informasi membantu peserta didik meningkatkan minat belajar melalui materi layanan berada pada kriteria cukup berperan. 2) Peran guru BK dalam pelaksanaan layanan informasi membantu peserta didik meningkatkan minat belajar melalui evaluasi berada kriteria cukup berperan. Berdasarkan penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk meningkatkan peranya terkait dengan pilihan materi dan pelaksanaan evaluasi.