Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Siswa mengalami kesulitan dalam menuangkan ide-ide ke dalam bentuk tulisan. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa tanpa teknik pemodelan dan kemampuan menulis naskah drama siswa dengan teknik pemodelan serta pengaruh teknik pemodelan terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP N 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah The Randomized Posttest Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 7 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 34 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis naskah drama tanpa teknik pemodelan dan dengan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP N 7 Padang. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama,kemampuan menulis darama siswa kelas VIII SMP N 7 Padang tanpa teknik pemodelan memperoleh nilai rata-rata 52,74 berada pada tingkat penguasaan 46 – 55% dengan kualifikasi Hampir Cukup (C). Kedua, kemampuan menulis naskah drama sebelum dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP N 7 Padang memperoleh nilai rata-rata 63,14 berada pada tingkat penguasaan 56 - 65% dengan kualifikasi Cukup (C). Ketiga, berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dimana thitung > ttabel (2,00 > 1,71), maka dengan demikian penggunaan teknik pemodelan sangat efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP N 7 Padang