Pengaruh Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar dan Kesiapan Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI di SMAN 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Joni, Satrianaldi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/580/5/12090237%20JONI%20SATRIANALDI%20ok%20Flip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/580/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/580/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/580/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/580/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1)pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar, 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar, 3) pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar, 4) pengaruh lingkungan belajar, kemandirian belajar dan kesiapan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 2 Batang Anai sebanyak 64 orang . Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode total sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,593. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung4,378>ttabel sebesar 2,0003. Artinya apabila lingkungan belajar meningkat sebesar satu satuan maka prestasi akan meningkat sebesar 0,593 dalam setiap satuannya. Kedua kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,414. Nilai koefisien ini signifikan karena nilaithitung 3,535> ttabel2,0003. Artinya, apabila kemandirian belajar meningkat sebesar satu satuan, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,414 dalam setiap satuannya. Ketiga kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,426. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,744 > ttabel2,00030. Artinya, apabila kesiapan belajar meningkat sebesar satu satuan, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,426 dalam setiap satuannya. Keempat lingkungan belajar, kemandirian belajar dan kesiapan belajar secara bersama- sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung56,939 > Ftabel 2,76 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05.Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada sekolah dan guru agar menciptakan dan meningkatkan lingkungan belajar, memotivasi kemandirian belajar dan kesiapan belajar siswa ke arah yang lebih baik agar meningkatnya hasil belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan. .