Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan di lapangan maupun hasil observasi, yaitu : adanya peserta didik yang kurang mentaati peraturan di sekolah sehingga peserta didik tidak berprestasi dan kedisiplinannya menjadi buruk. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan tentang: (1) Motivasi berprestasi peserta didik. (2) Kedisiplinan peserta didik. (3) Hubungan Kedisiplinan terhadap motivasi berprestasi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis statistik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didiksebanyak 32 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Data penelitian diperoleh melalui angket. Data diolah menggunakan data interval dan teknik Pearson dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian terungkap bahwa: (1) motivasi berprestasi peserta didik berada pada kriteria cukup baik, (2) kedisiplinan belajar peserta didik berada pada kriteria cukup baik, (3) hubungan Motivasi berprestasi dengan kedisiplinan belajar peserta didik memiliki hubungan yang signifikan hal ini menunjukan arah hubungan yang positif dengan koefisien kuat. Penelitian ini direkomendasikan pada guru BK untuk dapat meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik sesuai dengan tingkat kedisiplinan.