Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami self efficacy, adanya peserta didik yang tidak berani tampil di depan umum, ragu dalam mengambil keputusan dan adanya peserta didik yang tidak yakin dengan potensi dirinya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil self efficacy peserta didik berdasarkan dimensi aspek-aspek self efficacy dari 1) Dimensi tingkat (level), 2) Dimensi kekuatan (strenght), dan 3) Dimensi generalisasi (generality). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 223 peserta didik dan sampel penelitian adalah 69 peserta didik, dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian tentang profil self efficacy peserta didik yang berada pada kategori cukup tinggi, dan dilihat secara indikator 1) Dimensi tingkat (level) berada pada kategori rendah, 2) Dimensi kekuatan (strenght) berada pada kategori tinggi, 3) Dimensi generalisasi (generality) berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar lebih meningkatkan self efficacy.