Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang menunda-nunda tugas guru mata pelajaran, menyontek kepada temannya pada saat ujian, kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya, lebih memilih bertanya pada temannya dari pada bertanya kepada guru jika ada hal yang tidak mereka ketahui, dan kurang partisipasi dalam belajar hanya beberapa siswa yang aktif di dalam kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Gambaran prokrastinasi akademik peserta didik sebelum diberikan teknik self-management dalam layanan bimbingan kelompok (2) Gambaran prokrastinasi akademik peserta didik setelah diberikan teknik self-management. (3) Efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management untuk mengurangi prokrastinasi akademik peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 3 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 24 orang peserta didik dan sampel sebanyak 10 orang dengan kriteria pengambilan sampel teknik purposive sampling. Alat pengumpul data penelitian ini menggunakan angket. Data diolah dengan menggunakan Uji t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1). Gambaran prokrastinasi sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok dilihat dari hasil pengolahan pretest, wawancara dan observasi dapat dikatakan prokrastinasi peserta didik berada pada kategori kurang baik. (2). Gambaran prokrastinasi akademik peserta didik setelah diberikan teknik self-management dilihat dari hasil pengolahan posttest, wawancara dan observasi dapat dikatakan prokrastinasi peserta didik berada pada kategori sangat baik. (3). Terdapat pengaruh positif dan tidak ada pengaruh negatif dalam penerapan teknik self-management pada layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi prokrastinasi peserta didik di kelas VIII A. Berdasaran hasil rekomendasinya kepada peserta didik agar tetap berusaha untuk mengurangi penundaan dalam mengerjakan tugas.