Efektifitas Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Afri, Melda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5788/4/14060185%20AFRI%20MELDA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5788/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5788/2/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5788/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5788/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang sulit membina hubungan interpersonal dengan guru dan temannya. Tujuan penelitian ini 1) Gambaran komunikasi interpersonal peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing.2) Gambaran komunikasi interpersonal peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing. 3) efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing dalam meningkatkan komunikasi interpersonal. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang peserta didik dan sampelnya adalah 8 orang peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik persentase dan ttest. Hasil penelitian tentang efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing dalam meingkatkan komunikasi interpersonal peserta didik SMA Negeri 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman dapat disimpulkan sebagai berikut:1) Gambaran komunikasi interpersonal peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berada pada kategori kurang baik.2) Gambaran komunikasi interpersonal peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berada pada kategori baik. 3) Adanya peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing. Berdasarkan hasil rekomendasikan kepada peserta didik agar tetap berusaha dan melatih komunikasi interpersonal yang ada pada dirinya.