Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts with a Question(LSQ) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 3 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya
Main Author: | Happy, Mai Refliza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5786/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5786/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5786/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5786/4/11010022%20HAPPY%20MAI%20REFLIZA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5786/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Biologi siswa, ini terlihat dari rata-rata hasil belajar Biologi siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Pulau Punjung yang memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Salah satu penyebabnya adalah siswa kurang aktif dalam belajar, karena sebagian siswa beranggapan bahwa materi biologi sulit untuk dipahami. Siswa kurang berpatisipasi dan termotivasi dalam pembelajaran, sehingga siswa malas untuk belajar dan mudah merasa bosan. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning StarS with A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 3 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas VII SMPN 3 Pulau Punjung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari tes hasil belajar berupa soal obyektif sebanyak 39 butir. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji t). Berdasarkan hasil analisis data yang diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 63,74 dan kelas kontrol 66,57 kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis didapatkan nilai ttabel =1,67, sedangkan thitung = -0,76 berarti thitung < ttabel. Maka H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model ini tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP N 3 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasaya.