Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Bergambar Dengan Pendekatan Berbasis Learning Cycle 5-E Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Untuk SMP
Main Author: | Dilla, Nurvivi Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5783/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5783/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5783/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5783/4/11010019%20DILLA%20NURVIVI%20YANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5783/ |
Daftar Isi:
- LKS yang digunakan di SMP N 13 Padang belum sesuai dengan struktur LKS yang seharusnya. LKS yang digunakan tidak dilengkapi indikator serta tujuan pembelajaran yang kurang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Dalam LKS juga sedikit mencantumkan gambar sebagai salah satu daya dukung dalam pembelajaran. Gambar-gambar yang disajikan di dalam LKS yang ada kurang jelas. Penggunaan bahan ajar yang tepat dapat membantu siswa untuk lebih mudah mendapatkan informasi, memahami materi dan dapat membantu siswa belajar mandiri. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah lembar kerja siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS bergambar dengan pendekatan berbasis learning cycle 5-e pada materi sistem organisasi kehidupan untuk SMP yang valid dan praktis. Dimana LKS berbasis Learning Cycle 5-E memiliki kelebihan dapat meningkatkan motivasi belajar karena siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran dan adanya tahap engagement, explorasi, explanation, elaborasi, evaluasi, sehingga siswa mudah memahami suatu konsep dan mampu mendorong dan mengembangkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 4-D Models terdiri atas 4 tahap utama yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran) namun tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan. Pengolahan data penelitian ini adalah dengan analisis angket dari hasil validasi dan praktikalitas. Hasil uji validitas LKS bergambar dengan pendekatan berbasis learning cycle 5-e dikategorikan sangat valid dengan rata-rata 85,27% ditinjau dari segi validitas dan sangat praktis dengan rata-rata 94,94% dari guru, 87,01% dari siswa ditinjau dari segi praktikalitas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS bergambar dengan pendekatan berbasis learning cycle 5-e pada materi sistem organisasi kehidupan yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis.