Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran biologi yang dilakukan di kelas XI IPA masih terpusat pada guru dan kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Guru hanya menggunakan model pembelajaran langsung dan metode ceramah,diskusi serta Tanya jawab. Penggunaan model yang kurang bervariasi ini membuat siswa cenderung menjadi jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI IPA SMA N 14 Padang. Jenis penelitian yangdilakukan adalah penelitian eksperimen dengan desainRandomized Control-Group Posttest Only Design. Pada penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen I yaitu XI IPA 1 dan kelas eksperimen II yaitu XI IPA 2 Instrumen yang digunakan dalam ranah kognitif adalah lembaran tes hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diperoleh perbedaan rata-rata hasil belajar Biologi siswa pada kedua kelas sampel. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen I yaitu 84,35lebih tinggi dari kelas eksperimen II yaitu 77,83. Hasil uji-t didapatkan thitung = 3,79dan ttabel = 1,67 maka hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernafasan manusia di kelas XI IPA SMA N 14 Padang.