Pelayanan Konseling Berbasis Instrumen Karakteristik Kepercayaan Diri Remaja (Studi Pada Kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman)
Main Author: | Nur, Abidah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5777/4/14060177%20NUR%20ABIDAH%20LUBIS.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5777/3/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5777/1/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5777/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5777/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa adanya peserta didik yang malu menyampaikan pendapat, adanya peserta didik yang tidak berani menanggapi pertanyaan dari guru yang mengajar, adanya peserta didik yang mudah putus asa dalam menyampaikan pendapat sedang berdiskusi. Tujuan penelitian ini adalah: percaya akan kompetensi atau kemampuan, 2) tidak terdorong untuk menunjukkan sikap konformis, 3) berani menerima dan menghadapi penolakan orang lain, 4) memiliki harapan yang realistis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 261 peserta didik, teknik pengambilan sampel yang dipilih dengan porposive random sampling berjumlah 64 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang pelayanan konseling berbasis instrumen karakteristik kepercayaan diri remaja pada studi kelas XI SMA Negeri 2 Sungai Limau kabupaten Padang Pariaman secara umum yaitu berada pada kriteria sangat baik. Berdasarkan indikator kepercayaan diri diperoleh halnya sebagai berikut, untuk beberapa aspek: 1) percaya akan kompetensi atau kemampuan berada pada kriteria baik, 2) tidak terdorong untuk menunjukkan sikap konformis berada pada kriteria baik, 3) berani menerima dan menghadapi penolakan orang lain berada pada kriteria sangat baik, 4) memiliki harapan yang realistis berada pada kriteria sangat baik. Penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK memahami dan meningkatkan percaya diri melalui layanan-layanan bimbingan konseling baik secara individu, kelompok dan klasikal.