Perbedaan Perilaku Asertivitas Antara Peserta Didik Kelas Unggul dan Peserta Didik Kelas Reguler di SMP Negeri 6 Kota Solok
Main Author: | Nofitri, Yenti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5766/2/14060159%20NOFITRI%20YENTI%20%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5766/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5766/3/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5766/4/DAFTAR%20PUSTAKA..pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5766/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang ditemui di lapangan terkait dengan perilaku asertif antara peserta didik kelas unggul dengan peserta didik kelas reguler, bahwa fakta dilapangan terdapat perbedaan yang terjadi dalam proses pembelajaran di antara kedua kelompok kelas tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang: 1) Perilaku asertif peserta didik kelas unggul, 2) Perilaku asertif peserta didik kelas reguler, 3) Perbedaan perilaku asertif antara peserta didik kelas unggul dengan peserta didik kelas reguler. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 150 peserta didik dan sampelnya 60 peserta didik. Teknik pengambillan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan persentase dan t test. Berdasarkan hasil penelitian tentang perbedaan perilaku asertivitas antara peserta didik kelas unggul dan peserta didik kelas reguler di SMP Negeri 6 kota solok dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Perilaku asertif peserta didik kelas unggul berada pada kategori cukup asertif. 2) Perilaku asertif peserta didik kelas reguler berada pada kategori kurang asertif. 3) Terdapatnya perbedaan yang signifikan antara perilaku asertif peserta didik kelas unggul dengan peserta didik kelas reguler. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan kepada pihak yang terkait yaitu peserta didik agar dapat berperilaku lebih asertif supaya bisa lebih baik kedepannya baik dalam berperilaku asertif terhadap diri sendiri maupun orang lain.