Hubungan Penyesuaian Diri dengan Kesehatan Mental Peserta Didik Kelas X IPS di SMA Negeri 6 Kota Padang
Main Author: | Andre Tri, Arjunna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5762/4/14060147%20ANDRE%20TRI%20ARJUNA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5762/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5762/2/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5762/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5762/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang tidak mampu untuk beradaptasi, adanya peserta didik memiliki persepsi yang tidak sesuai dengan realita, adanya peserta didik yang memiliki tingkahlaku negatif, adanya peserta didik yang mengalami perkembangan menyimpang, adanya peserta didik yang kurang peduli terhadap orang lain, adanya peserta didik yang tidak sehat, adanya peserta didik yang tidak mampu berhubungan baik dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Gambaran penyesuaian diri peserta didik di sekolah 2) Gambaran kesehatan mental peserta didik di sekolah 3) Hubungan penyesuaian diri dengan kesehatan mental peserta didik di kelas X IPS SMA Negeri 6 Kota Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif korelasi. Populasi penelitian adalah 126 peserta didik dan sampelnya 56 yang dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik persentase dan interval. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan penyesuaian diri dengan kesehatan mental peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 6 Kota Padang dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Gambaran penyesuaian diri peserta didik berada pada kategori cukup baik (20-39%). 2) Kesehatan mental peserta didik berada pada kategori cukup sehat (21-37%). 3) Adanya hubungan penyesuaian diri dengan kesehatan mental peserta didik dengan arah hubungan yang positif, koefisien korelasi kuat (r 0,633 dan pada taraf signifikan 0.41 – 0.70 korelasi keeratan kuat). Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar meningkatkan penyesuaian dirinya sehingga kesehatan mental juga meningkat karena adanya penerimaan dari lingkungan.