Hubungan Minat Belajar dengan Keaktifan Belajar Peserta Didik di Kelas XI SMK Indonesia Raya Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Surni, Elvira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5759/1/14060140%20%20SURNI%20ELVIRA%20%20%28%20SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5759/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5759/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5759/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5759/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya peserta didik yang memiliki minat belajar yang rendah, seperti adanya peserta didik tidak membuat tugas rumah, adanya peserta didik keluar saat proses belajar berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Minat belajar peserta didik di kelas XI SMK Indonesia Raya Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. 2) Keaktifan belajar peserta didik di kelas XI SMK Indonesia Raya Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman 3). Hubungan minat belajar dengan keaktifan belajar peserta didik di kelas XI SMK Indonesia Raya Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis statistik korelasi dengan populasi penelitian berjumlah 32 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kemudian diolah dengan menggunakan data interval dan teknik Pearson dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian terungkap bahwa 1) Minat belajar peserta didik berada pada kriteria cukup tinggi, 2) Keaktifan belajar peserta didik berada pada kriteria cukup baik, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan keaktifan belajar dengan koefesien sangat kuat sekali.