Efektifitas Layanan Informasi dalam Meningkatkan Self Efficacy Peserta Didik untuk Mengurangi Perilaku Menyontek (Studi Eksperimen di Kelas XI Tata Niaga 1 SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman)
Main Author: | Resti, Fauziah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5754/4/14060134-RESTI%20FAUZIAH%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5754/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5754/2/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5754/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5754/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di sekolah masih adanya peserta didik yang melakukan kecurangan saat ujian dikarenakan rendahnya self efficacy. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang: 1. Tingkat self efficacy peserta didik dalam mengurangi perilaku menyontek sebelum diberikan layanan informasi, 2. Tingkat self efficacy peserta didik dalam mengurangi perilaku menyontek setelah diberikan layanan informasi, 3. Efektifitas layanan informasi dalam meningkatkan self efficacy peserta didik untuk mengurangi perilaku menyontek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Tata Niaga 1 sebanyak 28 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 28 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dari hasil pretest and posttest, wawancara, observasi dan pengolahan SPSS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: efektifitas layanan informasi dalam meningkatkan self efficacy peserta didik untuk mengurangi perilaku menyontek dilihat dari: 1. Tingkat self efficacy peserta didik dalam mengurangi perilaku menyontek sebelum diberikan layanan informasi berada pada kategori rendah, 2. Tingkat self efficacy peserta didik dalam mengurangi perilaku menyontek setelah diberikan layanan informasi berada pada kategori tinggi, 3. Efektifitas layanan informasi dalam meningkatkan self efficacy peserta didik untuk mengurangi perilaku menyontek, layanan informasi mampu meningkatkan self efficacy peserta didik untuk mengurangi perilaku menyontek. Hasil Penelitian ini dapat merekomendasikan kepada guru BK sebagai bahan pertimbangan dalam pemberian layanan kepada peserta didik lainnya agar meningkatnya self efficacy