Keefektifan Pendekatan Konseling Behavioristik dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Agresi Peserta Disik (Studi Eksperimen di Kelas XI Tata Niaga 1 SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman)
Main Author: | Mita Yustika, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5751/4/14060128%20-%20MITA%20YUSTIKA%20PUTRI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5751/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5751/2/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5751/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5751/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang meninju temannya, adanya peserta didik yang melawan kepada guru, adanya peserta didik yang memaki temannya, adanya peserta didik yang membully temannya, adanya peserta didik yang berkata kotor, adanya peserta didik yang mudah marah, adanya peserta didik yang mengucilkan temannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Gambaran perilaku agresi peserta didik sebelum dilakukan pendekatan konseling behavioristik dengan teknik role playing. 2) Gambaran perilaku agresi peserta didik setelah dilakukan pendekatan konseling behavioristik dengan teknik role playing. 3) Keefektifan pendekatan konseling behavioristik dengan teknik role playing dalam mengurangi perilaku agresi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI Tata Niaga 1 SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman yang berjumlah 30 orang. Untuk penarikan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 7 orang yang diperoleh melalui hasil pretest. Instrumen yang digunakan yaitu angket, analisis data menggunakan persentase, dan Uji t. Berdasarkan penelitian tentang keefektifan pendekatan konseling behavioristik dengan teknik role playing mengurangi perilaku agresi peserta didik diperoleh hasil penelitian, yakni: 1) Gambaran perilaku agresi peserta didik sebelum dilakukan pendekatan konseling behavioristik dengan teknik role playing berada pada kategori agresif 2) Gambaran perilaku agresi peserta didik setelah dilakukan pendekatan konseling behavioristik dengan teknik role playing berada pada kategori tidak agresif 3) Adanya penurunan perilaku agresi dengan menggunakan pendekatan konseling behavioristik dengan teknik role playing. Penelitian ini di rekomendasikan kepada peserta didik agar bisa mengurangi perilaku agresi pada dirinya sehingga nantinya bisa menjalani kehidupan sosial dengan baik.