Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok
Main Author: | Nezi, Fauziah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5746/4/14060116%20NEZI%20FAUZIAH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5746/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5746/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5746/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5746/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang kurang memberi bantuan kepada temannya dalam belajar, adanya peserta didik yang hasil belajarnya rendah, adanya peserta didik yang kurang nyaman dalam belajar, adanya peserta didik yang kurang menghargai teman sebaya dalam belajar, adanya peserta didik yang memperoleh hasil belajar yang tinggi seperti mendapatkan nilai raport di atas KKM namun kurang mendapatkan dukungan sosial dari teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan 1) Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap hasil belajar, 2) Pengaruh dukungan emosional terhadap hasil belajar, 3) Pengaruh dukungan penghargaan terhadap hasil belajar, 4) Pengaruh dukungan informasi terhadap hasil belajar, 5) Pengaruh dukungan instrumental terhadap hasil belajar, 6) Pengaruh dukungan kelompok terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif regresi. Populasi penelitian adalah 160 peserta didik yang dipilih dengan teknik Cluster Random sampling sehingga menjadi 63 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik persentase dan regresi. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya terhadap hasil belajar sebesar 40%, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan emosional terhadap hasil belajar sebesar 19,3% 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan penghargaan terhadap hasil belajar sebesar 35,2% 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan informasi terhadap hasil belajar sebesar 35,6% 5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan instrumental terhadap hasil belajar sebesar 39,6% 6) Terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan kelompok terhadap hasil belajar sebesar 18,7%. Penelitian ini direkomendasikan kepada teman sebaya peserta didik agar selalu memberikan dukungan-dukungan yang positif terhadap temannya sehingga dengan adanya dukungan yang positif tersebut maka hasil belajar peserta didik akan semakin meningkat.