Hubungan Minat Belajar dengan Kegiatan Belajar Peserta Didik di Kelas XII SMA Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam
Main Author: | Ilham, Ilham |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5745/1/14060114%20ILHAM%20%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5745/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5745/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5745/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5745/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ada peserta didik yang terlambat datang ke sekolah, ada peserta didik yang sering keluar dalam proses belajar berlangsung, kemudian ada juga yang tidur saat guru menjelaskan pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan; 1) Gambaran minat belajar peserta didik 2) Gambaran kegiatan belajar peserta didik 3) Hubungan Minat Belajar dengan Kegiatan belajar peserta didik di kelas XII SMA Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif korelasi. Populasi penelitian adalah 323 peserta didik dan sampelnya 76 yang dipilih dengan teknik propotional random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik interval, dengan rumus presentase minat belajar dengan presentase 52,63 dengan kategori cukup tinggi sedangkan kegiatan belajar dengan presentase 63,16 kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan minat belajar dengan kegiatan belajar peserta didik di kelas XII SMA Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Gambaran minat belajar peserta didik berada pada kategori cukup tinggi 2) Gambaran kegiatan belajar peserta didik berada pada kategori cukup baik 3) Adanya hubungan minat belajar dengan kegiatan belajar peserta didik dengan arah hubungan yang positif, koefisien korelasi kuat. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar meningkatkan minat belajarnya sehingga kegiatan belajar juga meningkat dan efektif dan efesien.