Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang dipanggil guru BK karena tidak memperbaiki nilai yang belum tuntas, berkata kasar kepada orang lain, berkelahi, sering tidak masuk kelas, tidak sopan dalam berkomunikasi dengan orang lain, lalu suka menampar, merasa tidak nyaman dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Bentuk tingkah laku salah suai peserta didik dilihat dari sifat tidak bertanggung jawab. 2) Bentuk tingkah laku salah suai peserta didik dilihat dari sifat agresi berlebihan. 3) Bentuk tingkah laku salah suai peserta didik dilihat dari perasaan tidak aman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 183 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive simple random sampling sehingga menjadi 65 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang Profil Bentuk Tingkah Laku Salah Suai Peserta Didik di Kelas XII MAN 1 Solok adalah sebagai berikut: 1) Bentuk tingkah laku salah suai peserta didik dilihat dari sifat tidak bertanggung jawab berada pada kategori sedikit. 2) Bentuk tingkah laku salah suai peserta didik dilihat dari sifat agresi berlebihan berada pada kategori cukup banyak. 3) Bentuk tingkah laku salah suai peserta didik dilihat dari perasaan tidak aman berada pada kategori cukup banyak. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar dapat memperbaiki tingkah laku salah suainya dan mengurangi perilaku salah suainya dengan cara memperbaiki diri dan belajar dari kesalahan agar bisa menjadi pribadi yang menyenangkan jadilah orang yang bertanggung jawab, dan menjalin hubungan baik dengan orang lain. .