Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki kepribadian kurang baik dalam menyesuaikan diri seperti sering berkata kasar dengan teman sebayanya, membantah perkataan guru, sering terlambat datang ke sekolah dan masuk sesukanya saat jam pelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Gambaran kepribadian peserta didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. 2) Gambaran moral peserta didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman. 3) Pengaruh kepribadian terhadap moral peserta didik XI IPS di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis depkriptif korelasional. Populasi penelitian adalah 89 peserta didik, sampel dipilih dengan teknik Total Sampling sebanyak 89 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data di analisis dengan statistik deskriptif dan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh kepribadian terhadap moral peserta didik di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Kepribadian Peserta Didik di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman berada pada kategori cukup baik. 2) Moral Peserta Didik di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman pada kategori cukup baik. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Kepribadian terhadap moral peserta didik di kelas XI IPS SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman dinyatakan besar pengaruh (R = 0,450) Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar bisa mengembangkan kepribadian dalam dirinya kearah yang lebih baik serta dapat memperbaiki moral yang ada dilingkungan sekitarnya.