Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang marah ketika disinggung oleh temannya di kelas, peserta didik yang kurang peduli terhadap teman yang lagi sedih dan mempunyai masalah dan adanya peserta didik yang malu mengemukakan pendapat di kelas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Emosi peserta didik di SMA Negeri 15 Padang. (2) Perilaku peserta didik di SMA Negeri 15 Padang. (3) Hubungan emosi dengan perilaku peserta didik di SMA Negeri 15 Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah 75 peserta didik yang dipilih dengan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan korelasi Person Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan emosi dengan perilaku peserta didik di SMA Negeri 15 Padang dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Emosi peserta didik di SMA Negeri 15 Padang terdapat pada kategori cukup baik. (2) Perilaku Peserta didik di SMA Negeri 15 Padang terdapat pada kategori cukup baik. (3) Hubungan emosi dengan perilaku peserta didik dengan arah hubungan yang positif, koefisien korelasi cukup kuat. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik supaya mengendalikan emosi dengan baik serta memunculkan perilaku yang baik karena dalam hal ini emosi yang cukup baik berhubungan dengan perilaku peserta didik.