Efektifitas Layanan Konseling Kelompok dalam Membantu Penyelesaian Masalah Pribadi Peserta Didik (Studi Eksperimen di Kelas VIII3 SMP Negeri 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman Timur)
Main Author: | Rani, Priska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5718/4/14060062%20RANI%20PRISKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5718/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5718/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5718/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5718/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah pribadi peserta didik yang tidak percaya diri saat tampil di depan kelas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Gambaran masalah pribadi peserta didik sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok. 2) Gambaran masalah pribadi peserta didik sesudah mendapatkan layanan konseling kelompok. 3) Efektifitas layanan konseling kelompok dalam membantu penyelesaian masalah pribadi peserta didik sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan konseling kelompok. . Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang peserta didik dan sampelnya adalah 10 orang peserta didik yang dipilih dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan persentase dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian tentang efektifitas layanan konseling kelompok dalam membantu penyelesaian masalah pribadi peserta didik di SMP Negeri 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman Timur dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Gambaran masalah pribadi peserta didik sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok berada pada kategori cukup bermasalah. 2) Gambaran masalah pribadi peserta didik sesudah mendapatkan layanan konseling kelompok berada pada kategori kurang bermasalah. 3) Terdapat efektifitas konseling kelompok dalam membantu menyelesaikan masalah pribadi peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan kepada peserta didik agar tetap berusaha mengurangi masalah pribadi yang ada pada dirinya sehingga peserta didik bisa menjalani kehidupan sehari-hari secara baik dan maksimal.