Profil Perkembangan Moral Peserta Didik yang Berasal dari Keluarga Broken Home di SMP Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam
Main Author: | Nazifurrosidi, Nazifurrosidi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5707/4/14060046-NAZIFURROSIDI-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5707/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5707/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5707/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5707/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan di lapangan dimana adanya peserta didik yang membolos, tidak membuat tugas yang diberikan oleh guru dan tidak mengikuti peraturan sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan moral peserta didik ditinjau dari perkembangan moral; 1) pra konvensional, 2) konvensional, 3) pasca konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan informan kunci dua orang peserta didik yang berasal dari keluarga broken home dan informan tambahan satu orang guru BK. Instrumen untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini terdiri dari kepercayaan, keteralihan dan dapat dipercaya. Teknik nanlisi data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa; 1) pada tahap pra konvensional ditemukan peserta didik yang membenci guru ketika diberi hukuman dan mengharapkan imbalan jika ada yang meminta bantuan, 2) pada tahap konvensional ditemukan peserta didik bersikap baik jika teman juga membalasnya dengan baik, kesaldan memaksa temannya untuk membantu mengerjakan tugas yang diberikan guru, 3) pada tahap pasca konvensional ditemukan peserta didik sudah berusaha mematuhi aturan dan tata tertib yang ada di sekolah walaupun masih melanggarnya. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepada peserta didik agar tidak membenci guru ketika diberikan hukuman, tidak mengharapkan imbalan ketika diminta bantuan oleh teman serta mematuhi dan menjaga aturan dan tata tertib yang ada di sekolah.