Faktor Penyebab Perilaku Bullying Peserta Didik di SMK Negeri 1 Kota Solok
Main Author: | Muhammad Rian, Abdurrahman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5698/2/14060033%20MUHAMMAD%20RIAN%20ABDURRAHMAN%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5698/1/Abstrak.docx http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5698/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5698/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5698/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku bullying yang dilakukan peserta didik. Fokus penelitian ini adalah untuk mendepskripsikan faktor penyebab perilaku bullying peserta didik di SMK Negeri 1 Kota Solok dilihat dari (1) Faktor keluarga (2) Faktor sekolah (3) Faktor teman sebaya (4) Faktor lingkungan sosial (5) Faktor tayangan televisi dan media cetak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil peserta didik pelaku bullying sebagai informan kunci dan guru BK serta orang tua sebagai informan tambahan. Data dikumpulkan melalui metode wawancara. Data dianalisis dengan 3 tahap: 1. Reduksi data, 2. Penyajian data, 3. Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) Keluarga merupakan faktor penyebab peserta didik melakukan perilaku bullying, karena hubungan yang tidak baik antar anggota keluarga. (2) Sekolah merupakan penyebab peserta didik melakukan bullying, peran teman sebaya yang ada di sekolah dan rasa ingin diakui oleh teman sebaya menyebabkan peserta didik melakukan bullying. (3) Teman sebaya merupakan faktor utama peserta didik melakukan bullying, waktu peserta didik lebih banyak bersama teman sebayanya, untuk mendapatkan pengakuan dari teman sebayanya, peserta didik melakukan bullying. (4) Lingkungan sosial tidak begitu besar mempengaruhi peserta didik dalam melakukan bullying. karena sikap cuek masyarakat dan peserta didik. (5) Faktor tayangan televisi dan media cetak juga mempengaruhi perilaku bullying peserta didik, adanya tontonan yang bersifat kekerasan. Penelitian ini direkomendasikan untuk peserta didik agar lebih memahami faivktor penyebab perilaku bullying.