Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perilaku bullying yang terjadi antar peserta didik di kelas VII, dengan adanya perilaku bullying maka upaya yang dilakukan guru BK yaitu memberikan layanan informasi terkait bullying. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya guru BK mereduksi perilaku bullying melalui layanan informasi yang dilihat dari: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Materi, dan 4) Evaluasi. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi informan penelitian adalah guru BK yang pernah melaksanakan layanan informasi terkait materi bullying dan informan tambahan adalah kordinator guru BK dan Wakil Kurikulum sebagai pengamat upaya guru BK. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Teknik yang digunakan dalam pengolahan data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah upaya guru BK mereduksi perilaku bullying melalui layanan informasi dilihat dari: 1) Perencanaan layanan informasi siap dilakukan guru BK yaitu sudah menentukan materi sebagai topik materi dalam memberi layanan informasi, menentukan media dan metode yang digunakan dalam proses pelaksanaan layanan informasi. 2) Pelaksanaan layanan informasi berjalan dengan baik. Guru BK mampu menghidupkan suasana kelas, dengan menggunakan berbagai macam metode dan media yang digunakan. 3) Materi yang diberikan guru BK jelas dan berurutan, sehingga peserta didik mudah memahami materi yang disampaikan guru BK. 4) Evaluasi yang dilakukan guru BK terlaksana dengan baik dilihat dari evaluasi proses, evaluasi hasil dan evaluasi tindak lanjut yang dilakukan guru BK. Bardasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar memberikan pemahaman terhadap peserta didik terkait bullying.